Macam-Macam Tinta Sablon yang Hasilkan Print Kaos Terbaik

Suka menggunakan kaos di kegiatan harian kamu? Kaos jenis apa? Kaos bersablon? Jika iya, seharusnya kamu mengetahui berbagai macam tinta yang digunakan dalam print kaos yang kamu gunakan. Tinta yang baik akan menghasilkan kualitas kaos terbaik pula. Lalu, apa saja macam-macam tinta yang digunakan dalam sablon itu?
Macam-macam Tinta Sablon

Tinta Jenis Waterbase atau Air

Salah satu jenis tinta untuk sablon kaos yang biasa digunakan adalah jenis waterbase atau air. Beberapa jenis tinta yang masuk dalam kualifikasi ini adalah rubber. Rubber adalah tinta dengan bahan air yang biasanya digunakan untuk sablon kain berwarna gelap. Tinta ini bersifat pekat dan menutup semua permukaan kain dengan baik.

Tinta rubber ini sebenarnya juga terdiri atas dua kategori dan dua kegunaan pula. Pertama tinta rubber white yang biasanya digunakan untuk pewarna sablon dasar. Sedangkan yang kedua adalah rubber color yang berguna untuk pencampuran warna-warna tua atau warna-warna tambahan.

Berikutnya ada extender. Tinta jenis ini bersifat transparan dan sangat cocok digunakan pada bahan dasar putih ataupun bahan warna terang untuk sablon baju kamu. Cahaya ini bisa menyatu dengan baik pada bahan pakaian sehingga jadi tampak lebih indah. Ada juga super white. Tinta yang satu ini sifatnya mendekati tinta extender.

Hanya saja, pembagian tinta ini mirip dengan tinta rubber. Jadi, bisa dikatakan kalau tinta super white ini adalah gabungan dari tinta extender dan rubber. Terakhir pada tinta jenis waterbase ada tinta timbul atau puff. Tinta ini memerlukan pemanasan yang tinggi setelah sablon. Sebab, efek yang dibuat dari tinta ini adalah efek timbul.

Tinta Jenis Plastisol atau Berbasis Minyak

Setelah berbahan air, selanjutnya ada tinta berasal dari minyak. Tinta jenis ini sering digunakan untuk menciptakan efek menakjubkan pada hasil sablon. Namun, untuk penggunaan tinta ini biasanya akan meleleh begitu terkena panas secara langsung. Jenis tinta ini seperti all purpose yang merupakan tinta transparan.

Tinta yang satu ini memiliki sifat seperti tinta extender pada tinta berbasis air di hasil sablonan. Tinta ini cocok digunakan pada kain berwarna terang. Lalu ada high opasity. Tinta ini memiliki sifat seperti tinta rubber namun memiliki daya tutup yang lebih maksimal. Ada juga atheltic plastisol. Tinta satu ini bersifat lentur atau elastis dan cocok untuk kain plimesh.

Ada juga jenis cork base yang merupakan tinta yang bisa menghasilkan efek busa pada hasil sablonan. Tinta ini memiliki kelenturan tinggi pada beberapa bahan seperti spandek atau rib. Masih ada shimmer gold & base yang menghasilkan warna-warna metalik. Tinta ini sering digunakan pada bahan cotton, polyster ataupun rayon.

Nah, itulah beberapa jenis tinta yang biasa digunakan dalam proses print kaos atau sablon. Bila kamu suka membuat desain dan sudah menentukan tinta yang tepat, maka pilihlah tempat sablon yang tepat. Salah satunya adalah Costum.co.id yang merupakan jasa sablon yang bagus. Kamu bisa memesan kaos dengan desain sendiri sesuai jumlah yang diinginkan.

0 Response to "Macam-Macam Tinta Sablon yang Hasilkan Print Kaos Terbaik"

Posting Komentar