Mengulas Lebih dalam Seputar Sepeda Drag

Sepeda merupakan alat transportasi roda dua yang tidak dilengkapi dengan penggerak atau motor dan menggunakan tenaga dari orang yang menggunakannya sebagai kekuatan penggerak utama. Namun, penyebutan alat transportasi yang bisa dibeli di toko online ini, kini juga mengacu pada alat transportasi roda dua dengan motor. Salah satunya adalah untuk penyebutan sepeda drag atau yang lebih dikenal dengan nama dragbike.

sepeda drag

Dragbikse sendiri sangat terkenal di kalangan orang yang tidak hanya suka dengan modifikasi bengkel namun juga kecepatan. Alatnya atau sepeda motornya yang digunakan bisa dibuat dari sepeda motor yang dibuat dengan bobot seringan mungkin dengan membuang bagian yang tidak diperlukan sehingga bisa membantu memaksimalkan kecepatan yang diperoleh. Dragbike sendiri merupakan kejuaraan mengendarai sepeda motor di kecepatan yang tinggi di lintasan pacu beraspal yang tertutup dan didalamnya terdapat 2 buah jalur lurus yang sejajar sama panjang.

Lintasan pacu tersebut harus terbebas dari hambatan atau halangan dan harus datar da merata. Di tengahnya, akan diberi pemisah yang tidak boleh menghalangi pandangan dan biasanya pemisah tersebut berupa karung atau ban yang memiliki tinggi minimal 60 cm. Selain itu, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, maka diberi pemisah juga untuk bagian pembatas antara lintasan dengan penonton dengan pagar pembatas yang tertutup. Pagar pembatas tersebut berada minimal 1,5 meter dari tepi lintasan dan minimal 10 meter dari belakang garis start.

Terdapat peraturan yang harus dipatuhi sebelum mengikuti kejuaraan drag bike. Namun, Anda bisa membuat sepeda drag sendiri dengan cara berikut ini. Pertama adalah perhatikan sasisnya. Saat Anda mencoba untuk menggunakan kendaraan tersebut, cek apakah sudah sesuai dengan yang Anda butuhkan atau tidak. Jika tidak maka mau tidak mau Anda harus menggantinya dengan yang baru dan biasanya penggantian sasis inilah yang memakan biaya yang paling besar. Bila Anda menggunakan jenis sasis import Jepang, maka persiapkan dana sebesar RP 10-25 jutaan untuk mendapatkan sasi drag bike.

Selain sasis, Anda juga harus memperhatikan bagian sokbreaker. Bagian ini fungsinya untuk meredam getaran dari kendaraan saat digunakan. Pilih jenis sokbreaker yang tepat dan sesuai dengan ukuran sepeda motor yang Anda miliki. Ketiga adalah cek ban. Ban yang digunakan adalah yang berukuran 50/90 untuk ukuran ban depan sedangkan ban belakang adalah 60/80. Mengikuti ukuran ban yang digunakan, maka Anda juga harus memperkecil diameter pelek yang dipergunakan karena hal tersebut akan berkaitan dengan mesin yang akan dilakukan bore up. Hal yang harus diingat adalah semakin besar kapasitasnya maka diameter ban harus diperkecil dengan perbandingan gigi yang tepat.

Hal lainnya yang harus diperhatikan saat Anda sedang mengubah sepeda motor biasa menjadi sepeda drag yaitu:

Pergantian pada beberapa komponen seperti piston, noken as, karburator, kabel busi dan komponen yang lain yang berkaitan dengan spesifikasi balapan untuk mendapatkan mesin motor yang lebih bertenaga.
Memperbesar langkah serta diameter piston dan silinder dan juga melakukan perbandingan transisi.
Untuk meningkatkan performa maka Anda harus melakukan perbandingan gigi akhir.
Mengatur motor sesuai dengan body dan juga dari gaya penunggangnya misalnya disesuaikan dengan gaya dan kenyamanan pengendaranya sendiri misalnya menggunakan jenis jok yang dengan sedikit busa.
Merubah tampilan luar dari sepeda tersebut. Misalnya dengan mengganti warna cat pada sepeda motor ataupun memberikan stiker sehingga penampilan menjadi berbeda dari yang lain.

0 Response to "Mengulas Lebih dalam Seputar Sepeda Drag"

Posting Komentar