Supaya Nggak Kejebak Utang, Kontrol 5 Hal Ini Sekarang Juga

Hemat biar tidak terlilit hutang

Berutang itu nggak selalu buruk, kok. Asalkan jumlahnya masih kurang dari 30% total penghasilan kita per bulan. Kalo udah lebih dari itu, tandanya udah lampu merah dan kita mesti waspada.

Selain bisa bantu cashflow lebih lancar, utang juga bisa secara bertahap ngebangun skor kredit kita ke arah positif, selama kita komit bayar tepat waktu. Keuntungannya, di masa depan, kalo kita butuh dana untuk usaha dan ngajuin pinjaman ke bank, skor kredit ini jadi salah satu bahan pertimbangan analis bank.

Sayangnya, di jaman sekarang, banyak faktor yang bisa bikin kita jadi lebih boros. Tuntutan pergaulan salah satunya. Apalagi kalo punya kartu kredit, nggak sadar sering gesek, tau-tau tagihannya lebih dari jumlah gaji.

Solusinya, nggak cuma sekadar hemat. Supaya bisa hidup aman dan nggak kejebak utang, 5 hal ini juga perlu dikontrol secara ketat dari sekarang.

Kebiasaan nggak menabung

Kalo gaji selalu abis ngepas akhir bulan tanpa adanya dana buat tabungan, kamu mesti waspada nih. Coba cek lagi pengaturan anggaran keuangan, udah nerapin rumus 50-30-20 belum? 20% dari penghasilan, idealnya harus dialokasikan untuk tabungan dan investasi. Menabung juga sebaiknya dilakuin di awal pas baru gajian, jangan di akhir dan nunggu sisa uang. Kalo punya tabungan, otomatis kamu punya dana darurat kalo sewaktu-waktu butuh uang. Jadi, kamu bisa terhindar dari berutang demi memenuhi kebutuhan darurat tersebut.

Menunda-nunda pembayaran kartu kredit
Ini termasuk yang paling gawat dan harus diubah dari sekarang. Meskipun bank ngasih kebijakan untuk bayar minimum payment sekian persen per bulan dari total tagihan, bukan berarti kamu bisa terus-terusan nunda ngelunasin tagihan. Makin ditunda pembayaran, makin terakumulasi tagihan beserta bunganya di bulan berikut. Kalo udah bengkak, kamu bakal kesusahan nantinya. Belum lagi ada biaya kartu dan juga biaya tahunan yang perlu kamu keluarkan.

Kalo belum punya, sebaiknya pikir dua kali sebelum ngajuin? Buat apa punya dan apply kartu kredit? Kalo sekadar mau cicilan barang, cukup manfaatin kredit instan online dari https://www.kredivo.com. Salah satu keuntungannya, kamu nggak perlu repot bayar biaya kartu atau biaya tahunan kayak kartu kredit. Semua proses pendaftaran dan kredit dengan Kredivo basisnya online. Untuk daftar, kamu tinggal download aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store. Kalo udah dapet plafon kredit, kamu bisa belanja di 200 merchant online rekanan Kredivo kayak Lazada, Bukalapak, Tokopedia, Blibli, JD.id, dan yang lainnya.

Sama dengan kartu kredit, Kredivo juga bisa memberikan plafon kredit maksimal sampe Rp 20 juta. Untuk suku bunga dan pilihan tenor, saat ini, Kredivo paling unggul dibanding lembaga multifinansial lain karena suku bunganya paling rendah, cuma 2,95% per bulan dengan pilihan tenor 3/6/12 bulan.

Gaya hidup yang nggak sesuai penghasilan
Kecanduan media sosial bisa jadi salah satu faktor yang bikin kamu punya gaya hidup yang nggak sesuai penghasilan. Sering hangout atau jalan-jalan ke tempat bagus dan mahal demi sebuah feeds di Instagram? Kamu perlu setop kebiasaan ini dari sekarang. Menjalani hidup sesuai dengan taraf kemampuanmu pastinya lebih tenang dan meyenangkan dibanding memaksakan diri untuk mengikuti tren.

Terlalu sering makan di luar
Mungkin kebiasaan ini adalah yang paling susah diubah dan dikontrol. Makan di luar emang lebih praktis, cepat, dan hemat waktu dibanding masak sendiri, tapi juga lebih boros. Nanti tanpa sadar, gajian masih jauh, tapi keuangan udah cekak.

Kamu bisa mencoba mengubah kebiasaan ini secara bertahap, misalnya makan di luar hanya saat akhir pekan. Di hari kerja, kamu bisa coba bawa bekal dengan cara belanja bahan makanan sendiri dan masak sesuai selera. Selain lebih hemat dibanding makan di luar, bawa bekal makanan sendiri juga lebih terjamin kebersihannya buat kesehatan tubuh.

Sering belanja barang-barang yang nggak dibutuhin
Kebiasaan yang satu ini seringnya dateng dari mindset “siapa tahu butuh”. Kalo udah gini, kamu bakalan gampang kegoda promosi dari merchant online untuk belanja lebih banyak. Padahal, sebagian dari barang yang kamu beli belum tentu dibutuhin dan akhirnya cuma numpuk di rumah.

Kalo kebiasaan ini dihilangin, kamu bisa hemat lebih banyak dan bisa terhindar dari utang. Nah solusinya, pas gajian, buat daftar barang belanjaan yang bener-bener dibutuhin untuk satu bulan ke depan beserta anggarannya. Kontrol dirimu supaya nggak beli barang yang nggak ada di daftar belanjaan tersebut.

0 Response to "Supaya Nggak Kejebak Utang, Kontrol 5 Hal Ini Sekarang Juga"

Posting Komentar