5 Cara Merawat Anak Kucing Russian Blue Usia Lebih dari 2 Minggu

Keunikan kucing Russian Blue salah satunya adalah dia bisa hidup selama 15 tahun. Melebihi angkat hidup kucing pada umumnya. Cara merawat anak kucing ras ini juga tergolong mudah. Soalnya dia punya perlindungan mantel bulu tebal dan tidak terlalu bergantung pada manusia. Jadi, meskipun Anda kerja seharian, kucing ini tidak akan merengek.

Anak Kucing Russian Blue

1. Cara Memberi Makan

Anak kucing yang berumur lebih dari 2 minggu tentu beda dengan yang masih seminggu kurang. Cara memberi makannya 2 kali sehari. Ketika dia tengah makan, jangan ditinggal. Soalnya dia suka sekali makan. Khawatirnya nanti kena obesitas. Kalau bisa, patok jadwal makan si kucing agar teratur dan hasilnya maksimal.

Makanan yang bagus untuk kucing Russian Blue umur 2 minggu lebih adalah makanan kering, seperti Royal Canin, Halo, ataupun Acana. Anda juga boleh menambahkannya dengan makanan berprotein tinggi. Tapi jangan beri manisan. Nanti bisa bikin badannya terkena obesitas dengan cepat.

2. Sediakan Tempat untuk Minum

Air yang bersih sangat bagus untuk terapan pola hidup sehat untuk si kucing. Kucing pun bisa terkena dehidrasi kalau kekurangan air minum. Air yang bersih bisa berdampak pada lancarnya aliran darah. Selain itu, air bersih bisa menjaga urin si kucing tetap bersih dan tidak terkontaminasi dengan penyakit.

Lebih bagus kalau bikin makanan sehat ala-ala premium. Misalnya dengan mencampurkan makanan kucing kalengan dengan sedikit air. Kucing Russian Blue sangat suka air yang bergerak-gerak. Siapkan wadah khusus menampung air bersih. Setiap hari usahakan ganti terus. Bahkan kalau bisa setiap kali air habis.

3. Sisir Sekali atau Dua Kali dalam Seminggu

Kucing Russian Blue itu memiliki bulu abu-abu kebiruan yang cantik. Banyak yang menyebut bulunya seperti “double mantel bulu”. Tidak seperti kucing kebanyakan. Bulu kucing Russian Blue sangat kuat dan halus. Dengan menyisir si kucing, maka ia akan tampak rapi dari hari ke hari. Harap jangan sisir terlalu sering, ya. Nanti dia tidak nyaman.

Penyisiran ini juga bertujuan untuk menyingkirkan kutu-kutu yang mungkin menempel di antaranya. Gunakan sisir berukuran sedang. Kalau besar, nanti terlalu besar celahnya. Kalau kecil, khawatirnya kucing tidak nyaman. Dengan menyisir seminggu sekali atau dua kali, maka tidak akan ada kekhawatiran kalau bulunya menggumpal.

4. Potong Kukunya

Kucing Russian Blue sebaiknya dipotong kukunya setiap 10 hari sekali atau mungkin 2 minggu. Suasana paling bagus saat memotong kuku adalah ketika suasana serba tenang. Cara merawat anak kucing di dalam rumah ini susah-susah gampang. Suasana yang tenang akan memberi stimulus pada kucing kalau di dalam rumah ada banyak kebebasan.

5. Periksa Telinga Kucing

Lakukan pemeriksaan rutin sekali tiap 1 minggu. Kalau ada kotoran di dalamnya, maka Anda harus membersihkannya. Bisa dengan pengorek hidung. Pada bagian ujungnya yang berbahan kapas itu oleskan saja minyak zaitun. Ada banyak manfaat ketika Anda memeriksa telinganya dengan berhati-hati.

Telinga yang rutin diperiksa, maka ancaman seperti tuli, berbau kurang sedap, memerah, bengkak, dan lainnya akan hilang. Cara pada bagian ini sangat penting. Namun ada pula yang perlu diperhatikan. Telinga anak kucing masih sangat tipis dan rentan terkena penyakit. Ketika mengorek sebelah dalam itu pelan-pelan saja.

Tahu tidak kalau kucing Russian Blue ini jadi model Tom and Jerry? Keren, ya. Pasti mudah sekali menerapkan cara merawat anaku kucing dengan dasar poin-poin di atas. Mengingat kucing ras Russian Blue ini merupkan ras paling sehat sedunia. Ajaklah berkomunikasi setiap hari. Nanti akan melihat sendiri bagaimana kemampuan kucing ini ketika dewasa.

1 Response to "5 Cara Merawat Anak Kucing Russian Blue Usia Lebih dari 2 Minggu"

  1. Kini dijaman yang serba modern ini kita tidak perlu takut lagi untuk mencari uang. Melalui dunia maya, banyak sekali hal yang bisa menghasilkan uang salah satunya ikut Safelink Blogger Terbaik yang bisa menghasilkan uang dengan nyata tanpa tipu-tipu. Dan yang jelas gak usah ribet nyari pinjaman yang berbunga untuk memenuhi kebutuhan hidup.

    BalasHapus